Pendahuluan

Pernahkah anda mendengar istilah virus macro? Tidak seperti virus-virus yang pada umumnya beredar saat ini, virus macro hanya berjalan pada dokumen Microsoft Office. Virus ini hanya berupa script pemrograman visual basic yang tertanam pada dokumen office seperti word document (*.doc) dan pada dokumen office yang lainnya. Pada mulanya Macro ditujukan agar dokumen office bisa lebih interaktif dan memungkinkan kostumisasi yang tidak terbatas bagi pengguna Microsoft Office, tetapi pada perkembangan selanjutnya, script ini lebih sering disalahgunakan untuk membuat Virus daripada untuk kegunaan yang lebih bermanfaat. Maka mulai dari versi Microsoft Office 2000 macro yang dibuat diluar komputer yang bersangkutan secara default akan diblokir kecuali si pengguna mengijinkan untuk menjalankan macro tersebut, disamping itu pengguna selalu diingatkan bahwa dalam dokumen yang berisi macro kemungkinan berisi virus. Oleh sebab itu mengapa sekarang jarang kita temukan virus macro yang menyebar. Tetapi tidak ada salahnya kalau kita mempelajari sedikit tentang macro ini. Karena selain untuk membuat virus, macro memang pada dasarnya ditujukan untuk membuat pengguna Microsoft office lebih nyaman.
Dimanakah Kita Dapat Menuliskan Script Macro?

Sebagai contoh penulis menggunakan Microsoft Office 2003 untuk menjelaskan dimana kita meletakkan script macro tersebut. Dari menu Tools > Macro > Visual Basic Editor. Akan muncul window Visual Basic Editor. Bagi yang sudah terbiasa menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic maka tidak akan asing dengan tampilan windownya. Atau

jalan pintasnya tekan tombol Alt + F11. Perhatikan screenshot berikut ini Macro Terdapat dua bagian yaitu: Normal dan Project(Documents 1). Pada bagian Normal script macro akan dieksekusi pada setiap dokumen yang dibuka saat itu sedangkan pada Project(Dokument 1) hanya pada dokumen ini saja dalam hal ini adalah Document 1. Tetapi script pada Project ini melekat pada file bernama Document 1 sehingga ketika file ini dibuka pada komputer lain maka script akan dieksekusi. Prinsip virus yaitu dengan menyebar melalui script di Project (file dokumen). Ketika script dieksekusi script menyalin dirinya ke bagian Normal sehingga saat pengguna membuat dokumen baru script virus ini akan dieksekusi dan menyalis dirinya kembali ke bagian Project file yang baru tersebut sehingga file tadi menjadi terinfeksi. Dan ketika file dokumen ini dibuka di komputer lain maka virus ini akan menular di komputer tersebut.
Apa saja yang bisa dilakukan script macro?

Apa saja dapat dilakukan. Bahasa pemrograman Visual Basic memungkinkan Programmer untuk mengakses seluruh bagian komputer mulai dari hal yang ringan sampai yang paling berbahaya termasuk merusak sistem.
Contoh sederhana script macro

Perhatikan screenshot diatas. Klik dua kali ThisDocument pada bagian normal maka akan muncul sebuah teks editor. Selanjutnya copy paste script berikut ini: Private Sub Document_Close() MsgBox "Jangan lupa mematikan monitor setelah memakai komputer" End Sub Sekarang tutup Macro dan tutup Office Word. Maka setiap anda menutup aplikasi Microsoft Word akan muncul pesan dialog bertuliskan "Jangan lupa mematikan monitor setelah memakai komputer". Jika anda ingin menampilkan pesan Ketika membuka file dokumen gunakan script berikut: Private Sub Document_Open() MsgBox "Ingat untuk menyimpan file setelah selesai mengedit" End Sub Begitu juga ketika akan membuat dokumen baru Private Sub Document_New() MsgBox "Mulailah dengan membaca basmalah sebelum memulai suatu pekerjaan" End Sub Jika anda ingin menghapus macro diatas cukup dengan menghapus seluruh script yang ada diatas. Selamat Mencoba.. Di topik yang berikutnya penulis akan mengajarkan cara menggunakan script macro ini untuk mengerjai komputer milik teman.

0 komentar:

Posting Komentar