"SMK 2 PAKKAT SEKOLAH KEBANGGAAN KITA"

SMK BISA
Pengen menjadi seorang yang handal dalam Komputer??? ini tempatnya....
SMK N 2 Pakkat.................???????
Adalah salah satu sekolah kejuruan di kec.pakkat, barang kali masih banyak yang belum tau dimana itu SMK 2 Pakkat, kar'na sekolah ini masih di bilang sekolah yang muda, tapi walaupun tergolong muda sekolah ini menjadi sekolah yang banyak diminati para anak sekolah khususnya anak sekolah kec pakkat, karna sejak 3 tahun sekolah ini berdiri pendaftaran sudah melampaui target yang di minta, SMK 2 Pakkat mempunyai dua kejuruan yakni:
1. Jurusan Komputer dan Informatika
2. Jurusan Elektronika

Didirikan di desa simarsik bersebrangan dengan SMP N 1 Pakkat,dengan struktur organisasi yag pertama sekali,yakni kepala sekolah : Bapak Drs. Kr.Tamba, dan 2 orang guru untuk jurusan TKJ ( teknik Komputer Jaringan ) yakni.Ibu M.Simbolon dan Bapak Manalu, sejarahnya angkatan pertama sekolah ini berjumlah lebih kurang 40 orang, mereka-mereka inilah sebagai abang ataupun kakak kelas saya,karna saya masuk kategori angkatan yang ke-3 atau sebagai pelengkap pertama sekali sekolah ini. Dengan susah payah dan kerja keras keluarga besar smk 2 pakkat, sekolah ini dapat di publikasikan kemasyarakat luas.
Saya sangat berharap supaya sekolah ini menjadi sekolah yang bisa menjadi andalan bagi masyarakat untuk menggapai cita-cita. Khususnya demi kemajuan kota pakkat, semoga lebih mampu bersaing di dunia SMK khusunya......trima kasih saya ucapkan kepada guru-guru SMK 2 yang sudah bersusah payah mendidik kami anak-anak didiknya, dalam menggapai cita-cita....mudah-mudahan melalui blog ini adik-adik saya nantinya dapat memahami lebih dalam apa itu sebenarnya komputer, karena komputer merupakan salah satu sarana yang dipakai dunia untuk kemajuan negaranya.
Arga blog juga berharap supaya semua alumni dari SMK 2 tidak melupakan sekolah ini dan berusaha untuk memajukannya, sehingga dapat bersaing baik itu dalam teknik informatika ataupun elektro........bagi adik-adik kelas saya klo mampir nantinya di blog saya"semoga adik dapat mempelajarinya lebih dalam baca dan gali terus ilmu dalam blog saya, semoga dengan adanya blog dari saya dapat membantu adik-adik dalam menyelesaikan atau mengetahui trik dan tips komputer" meskipun belum sempurna karena saya sendiri masih dalam tahap pembelajaran.
Sedikit saya berbagi bagi pengunjung arga blog dalam teknik installasi pertama sekali komputer ataupun teknik instal ulang....semoga dapat dipelajari karena ini merupakan awal installasi pada PC,,,,,mariiiiiiiiiiiiiiiiiiiii



Panduan singkat untuk menginstall ulang Windows XP
Kenapa Windows XP? Karena saya rasa sebagian besar orang pasti menggunakan Windows XP sebagai OSnya. Bagaimana dengan Linux? Ada asumsi di masyarakat kalau pengguna Linux hanya bagi kalangan yang sudah advance, jadi saya rasa jarang ada pemula yang menggunakan Linux dan kalangan advance itu sendiri tentu sudah berpengalaman dan sebagian besar sudah tahu cara menginstall Linux ke dalam sistemnya.

Berikut ini adalah panduan dalam menginstall Windows XP yang saya buat sangat simpel, karena banyak step2 yang saya skip dengan asumsi kalau user sudah mengetahuinya. Maaf kalau ternyata step2 yang saya skip masih ada yang belum mengerti dan silahkan ditanyakan ke sini.

Cara simpel untuk install ulang Windows XP:

1. Masukin CD/DVD Windows XP, kalau muncul menu, diclose aja.

2. Restart komputer


3. Pas logo motherboard muncul, masuk ke config (biasanya del, atau F2, atau F4, dll tergantung jenis BIOSnya), set first boot ke CD/DVD-ROM. Note: Pada motherboard2 tertentu biasanya ada boot menu yang memungkinkan kita untuk melakukan boot dari hardware tertentu tanpa perlu masuk ke dalam config BIOS yang membingungkan.

4. Habis itu biasanya ada tulisan, "Press any key to boot from CD." Tekan tombol sembarang.

5. Tunggu komputer meload content dari CD. Ikuti instruksi2 yang muncul, misalnya menyetujui EULA, dll.

6. Habis detecting previous OS version, biasanya ada pilihan repair atau don't repair. Pilih yang don't repair.

7. Habis bakalan muncul harddisk2 yang terhubung ke PC.

8. Delete partisi2 yang ada.

9. Buat partisi2 yang baru. Jumlah dan ukuran partisi tergantung keperluan.

10. Tekan enter pada drive tujuan instalasi Windows XP dan anda akan disuguhkan sebuat menu formating. Sebaiknya menggunakan NTFS, karena masalah kompatibilitas dan keamanan (sistem partisi NTFS memiliki support terhadap kompresi data yang lebih baik dan encrypt data), dan terlebih lagi (menurut saya) lebih cepat.

11. Tunggu sampai format dan proses pengcopyan data ke dalam harddisk selesai.

12. Restart komputer.

13. Setting komputer untuk boot dari harddisk kembali.

14. Sampai di sini anda sudah 80 persen dalam proses instalasi Windows XP.

15. Ikuti instruksi2 (setting jam, setting bahasa, dll) sampai akhirnya anda diharuskan melakukan restart dan sampai saat ini proses penginstalasian sudah selesai.

16. Ini hanya tahap permulaan, karena pada akhirnya anda harus direpotkan lagi dengan menginstall driver dan software2 yang bejibun banyaknya :)


Pastikan anda sudah:
1. Backup data2 penting, My Documents, music, pic, video, dll.
2. Backup data2 jadwal, calendar, meeting, appointment, dll.
3. Backup bookmark website2 favorit.
4. Backup setting2 software dll.
5. Menyiapkan CD dan file instalasi driver dan software.
6. Dan yang paling penting anda sudah menyiapkan CD/DVD Windows XP :D
20.Baca Alhamdulilah dan ingat wajah arga blog
Sekian dulu dari Arga Blog mudah-mudahan bermamfaat bagi setiap pembaca, akhir kata saya ucapkan banyak trima kasih untuk semuanya.
"Salam arga bl0g................................"

3 komentar: